Kenali Dulu Sebelum Basmi! Ini Fakta-Fakta Tikus yang Wajib Kamu Tahu!

Fakta fakta tikus

Gak bisa dipungkiri, tikus adalah hewan yang sangat mengganggu bagi semua orang. Apalagi kalau tikus telah bersarang di berbagai tempat seperti di dalam rumah atau tempat usaha. Pastinya hal ini sangatlah menyebalkan!

Tapi, terlepas dari betapa menjijikkan, menyebalkan dan menyusahkannya tikus berkeliaran di rumah dan tempat usaha, tikus itu tergolong sebagai salah satu hewan yang pintar dan memiliki sisi menarik.

Fakta ini sangat wajib diketahui, khususnya untuk kamu yang memang sering kesusahan menghadapi hewan pengerat satu ini. Jadi mulailah konsentrasi dan mari simak beberapa fakta lain tentang tikus berikut ini…

10 Fakta-Fakta Tikus yang Wajib Kamu Tahu!

1. Tikus Punya Daya Ingat yang Kuat

Source: Pixabay

Kamu pasti familiar dengan istilah “tikus percobaan”. Tapi pada esensinya, tikus memang sering dipakai sebagai objek uji di laboratorium. Kenapa? Karena tikus itu gak hanya hewan yang pintar, tetapi mereka juga memiliki daya ingat yang sangat baik. Mereka seringkali dianalisa oleh para peneliti, khususnya di studi tentang perilaku hewan.

Daya ingat tikus yang sangat baik dan itu sering membantu mereka untuk mampu memetakan ruangan untuk membuat sarang. Bahkan tikus juga mampu mengingat semua rute yang mereka lewati untuk waktu yang lama.

2. Tikus Punya Penglihatan yang Buruk

Source: Pixabay

Kelemahan fatal tikus yang mungkin bisa dimanfaatkan saat kamu menangkapnya adalah, hewan satu ini punya penglihatan yang buruk! Sama seperti manusia pada umumnya yang buta warna, tikus juga ternyata hanya mampu melihat beberapa warna dan menganggap warna tertentu sebagai warna abu-abu.

Cuma kelebihannya, tikus punya indera perasa yang sangat sensitif. Mereka menggunakan kumis mereka sebagai isyarat sensorik untuk mendukung kegiatan sehari-hari. Biasanya seperti menyentuh objek, navigasi arah, atau sebagai alat untuk membedakan makanan.

3. Rasa Curiga Tikus Sangat Tinggi

Source: Pixabay

Apakah kamu pernah merasa lelah saat menjebak tikus di rumah sendiri? Sabar ya! Memang tikus itu sulit dijebak, karena ternyata mereka memiliki sifat yang mudah curiga terhadap sesuatu hal baru yang mereka temukan di lingkungan mereka. Termasuk langkah kaki, jebakan, racun atau lem tikus.

Butuh beberapa saat untuk membuat tikus terbiasa dengan hal baru di dekat tempat yang biasa mereka lalui. Ini sebabnya mengapa hasil perangkap tikus tidak pernah instan dan cenderung kurang efektif.

4. Tikus Adalah Hewan Sosial

Source: Pixabay

Ada sebuah studi tentang perilaku hewan pengerat. Studi itu mengungkapkan bahwa hewan pengerat seperti tikus sejatinya adalah hewan yang mudah berkoloni, bergaul, dan berperilaku paling sosial di antara jenis hewan pengerat lainnya. Mereka sangat suka hidup berkelompok dengan tikus lainnya.

5. Ada Lebih Dari 60 Spesies Tikus di Dunia

Source: Pixabay

Menurut data dari Integrated Taxonomic Information System (ITIS), terdapat setidaknya 60 spesies tikus yang dapat ditemukan di seluruh dunia. Setiap spesies atau jenis tikus tersebut punya ukuran yang bervariasi. Mulai dari satu inci hingga 10 inci.

Di Indonesia sendiri setidaknya terdapat dua spesies tikus yang paling sering mengganggu rumah dan tempat usaha. Diantaranya adalah;

  • Tikus atap (Rattus rattus)
  • Tikus got atau tikus Norwegia (Rattus norvegicus)

6. Walau Pembawa Penyakit, Tikus Adalah Hewan yang Bersih

Source: Pixabay

Reputasi tikus yang selama ini dikenal banyak orang adalah hewan yang kotor dan menjijikan. Tapi siapa yang sangka, secara alaminya tikus justru adalah hewan yang sangat bersih dan gak suka kalau badannya kotor! Tikus itu doyan merawat diri dan bahkan mereka mandi secara teratur selama beberapa jam setiap harinya.

7. Tikus Merupakan Pendaki, Pelompat dan Perenang yang Mahir

Source: Pixabay

Semua spesies tikus sangat cepat dan gesit. Jenis tikus atap misalnya, mereka adalah pemanjat yang unggul, dan spesies tikus satu ini dapat memanjat permukaan yang sedikit kasar.

Berbeda dari tikus atap, tikus got atau yang juga dikenal dengan sebutan tikus Norwegia dapat melompat 77cm secara vertikal dan 120cm secara horizontal. Mereka dapat berenang dan mengarungi air hingga tiga hari, dan bahkan menahan napas untuk waktu yang lama di dalam air.

8. Gigi Tikus Sangatlah Tajam

Source: Pixabay

Tikus punya sepasang gigi seri yang sangat tajam dan tumbuh secara terus-menerus sepanjang hidup mereka. Gigi seri mereka ini memiliki banyak fungsi, termasuk sebagai alat pertahanan dan senjata dalam menghancurkan benda keras untuk mendapatkan akses masuk ke dalam rumah kamu.

Hal ini juga yang jadi alasan mengapa tikus mampu menggerogoti benda-benda padat seperti aluminium, kayu, kawat, dan benda lunak seperti plastik. Bahkan tikus bisa menggigit kabel listrik dan efeknya bisa memicu kebakaran.

9. Tikus Memiliki Ekor Dengan Banyak Fungsi

Source: Pixabay

Tikus menggunakan banyak hal, dan salah satunya adalah untuk keseimbangan. Selain itu, ekor tikus juga mereka fungsikan sebagai alat komunikasi dengan tikus lain serta cara untuk mengontrol atau menyesuaikan tubuh mereka pada suhu yang tepat.

10. Reproduksi Tikus Sangatlah Tinggi

Source: Pixabay

Gak seperti hama lainnya, tikus tidak punya musim kawin. Itulah kenapa kemampuan reproduksi mereka sangat tinggi, dan waktu kehamilannya tergolong singkat. Seekor tikus betina umumnya akan melewati periode kehamilan sebanyak 6 kali dalam setahun. Di dalam satu periode, mereka akan melahirkan sekitar 12 anak tikus (seringnya 5-10 anak).

Tikus mencapai kematangan seksualnya setelah 4-5 minggu sejak kelahiran. Artinya populasi mereka dapat membengkak dari hanya 2 ekor tikus menjadi sekitar 1,250 tikus dalam satu tahun.

***

Dari beberapa fakta di atas, kamu memang akan bisa lebih tahu dan preventif untuk menyikapi masalah tikus yang ada di rumah atau tempat usaha. Tapi, semuanya akan jadi sia-sia kalau kamu masih belum menemukan bagaimana solusinya… Karena mencari tahu cara mengatasi masalah tikus di rumah atau tempat usaha bukanlah suatu pekerjaan yang mudah.

Oleh karena itu, mulai sekarang pakailah KURATO! Karena racun tikus satu ini dibuat berdasarkan fakta-fakta dan karakter tikus. Sehingga itulah yang membuat KURATO sangat efektif untuk membasmi tikus sampai tuntas hingga sarang-sarangnya.

Penggunaannya juga mudah dan tahan di segala jenis cuaca. Selain itu, efek KURATO berlangsung selama 3-5 hari. Sehingga tikus gak mudah curiga bahwa umpan yang mereka makan adalah racun.

Simpelnya, setelah KURATO berhasil dimakan, dalam waktu 3-5 hari tikus akan merasa kehausan dan membuat mereka keluar sarang untuk mencari sumber air. Setelah itu, barulah mereka akan mati dengan seketika. Dan itu artinya, kamu jadi lebih mudah untuk mencari bangkai tikusnya karena mereka bakal mati di sekitar saluran air, pipa, bak mandi atau selokan.

Uniknya lagi KURATO ini mengandung bahan yang lezat untuk tikus, dan itu membuat racunnya gak akan dianggap sebagai makanan yang berbahaya. Maka dijamin si tikus akan ketagihan, dan bahkan ada uang kembali dari KURATO kalau kamu gak berhasil buat si tikus memakan racunnya!

Tunggu apalagi? Jangan buang waktu kamu untuk basmi tikus sampai tuntas dengan KURATO. Klik link di bawah ini untuk mulai check out produknya!

Go to Checkout

 

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media

Most Popular

On Key

Related Posts