PENTING DIPERHATIKAN !

Silahkan baca penjelasan dari beberapa pertanyaan yang sering diajukan seputar penggunaan kurato berikut ini.

Klik tulisan dibawah untuk melihat penjelasannya ↓

Jika umpan sudah habis tetapi tikus belum mati, bisa jadi bukan tidak mati, tetapi tikus yang terlihat dilain hari adalah tikus lainnya yang belum makan Kurato ka.

Perlu diketahui juga ka bahwa pertumbuhan tikus sangat cepat apalagi dalam kondisi iklim yang berubah-ubah, bisa meningkat 10 kali lipat dari pertumbuhan normal. Setiap beranak mereka akan menghasilkan rata-rata enam bayi tikus, dan tikus dapat melahirkan anak baru setiap 20 sampai 30 hari.

Beberapa faktor penyebab umpan tidak dimakan tikus di antaranya:

  1. Umpan kurato telah tersentuh langsung oleh tangan, solusinya pemakaian sarung tangan sebelum menyentuh langsung umpan kurato.
  2. Penempatan umpan yang salah, solusinya identifikasi dan pindahkan umpan dijalur serangan tikus yang ditandai dengan jejak kaki tikus, kotoran tikus, bau kencing tikus, dan bekas gigitan tikus.
  3. Terlalu banyak sampah sisa makanan atau makanan yang lebih menggiurkan tikus yang berada didekat umpan kurato, solusinya tutup dengan rapat dan kosongkan tempat sampah secara rutin, serta simpan persediaan bahan makanan atau makanan pada tempat yang tertutup.

Tikus termasuk hewan nokturnal, yaitu hewan yang lebih aktif dimalam hari, serta hewan yang lebih menyukai tempat tersembunyi dan tertutup. Jadi, tikus tidak selalu terlihat oleh manusia. Makanya yang sering terlihat hanya 1-2 tikus saja.

Tikus yang terlihat di rumah hanya 1 atau 2 ekor bukan berarti jumlah tikus sama seperti yang dilihat ka, karena perlu diketahui bahwa tikus merupakan hewan yang hidupnya berkoloni membentuk suatu kelompok tertentu dengan membentuk beberapa sarang atau tempat persinggahan. Berdasarkan sifatnya itu, tikus bersifat soliter atau solid, selalu bekerjasama. Salah satunya bertugas mencari makan dengan cara bergantian. Sifat itu juga yang menyebabkan umpan habis termakan tidak lagi ada di titik umpan, karena tikus mengambil makanan dan membawa makanannya ke sarang.

Umpan sudah habis tetapi tikus tidak mati, bisa jadi bukan tidak mati tetapi tikus yang terlihat dilain hari adalah tikus lainnya ka.

Perlu diketahui juga bahwa pertumbuhan tikus sangat cepat apalagi dalam kondisi iklim yang berubah-ubah, bisa meningkat 10 kali lipat dari pertumbuhan normal. Setiap beranak mereka akan menghasilkan rata-rata 6 bayi tikus, dan tikus dapat melahirkan anak baru setiap 20 sampai 30 hari.

Memang begitu ka, hal itu efek dari kurato. Setelah 1-3 hari ada reaksi berhenti memakan umpan (stop feeding). Karena ada efek panas dan haus berlebih pada tikus akibat dari racun anticoagulant yang sedang bekerja.

Kematian tikus tidak selalu ditandai dengan ditemukannya bangkai kak. Banyak pengalaman dari pelanggan kami, justru tikus mati di dalam selokan atau got di luar rumah ka, sehingga bangkainya tidak terlihat. Hal ini, disebabkan setelah memakan kurato, tikus akan kehausan dan keluar dari sarang untuk mencari sumber air seperti got atau selokan.

Ini yang membedakan kurato dengan pembasmi tikus lainnya. Kematian 3-5 hari kami rancang agar tidak menimbullkan kecurigaan pada tikus lain. Jarak kematian yang cukup dekat membuat tikus lain akan curiga terhadap umpan yang dimakan tikus sebelumnya.

Sangat mudah kak, cukup tempatkan umpan kurato di atas plafon yang sekiranya menjadi persinggahan tikus. Untuk mencegah tikus mati ditempat yang sulit dijangkau seperti plafon tersebut, sebaiknya tempatkan sedikit air dalam wadah agar tikus tidak kesulitan mencari sumber air sebelum kematiannya. Sehingga, bangkai tikus akan mudah ditemukan di sekitar wadah tersebut.

Itu cuma mitos. Belum ada pembasmi tikus yang benar-benar membuat tikus bisa mati kering dalam beberapa hari tanpa pembusukan.

Komposisi tubuh tikus hampir sama dengan manusia, 40% terdiri dari air. Jadi mustahil jika tidak melalui proses pembusukan terlebih dahulu.

Namun anda tidak usah khawatir, karena Kurato akan membuat tikus mati di tempat yang mudah di jangkau. Setelah memakan umpan, tikus akan mencari sumber air karena kehausan. Jadi jika tikus mati, bangkai akan dengan mudah di temukan dan bisa segera di buang.

Didalam tubuhnya, tikus memiliki 60-70% kandungan air kak. Sehingga, pada saat tikus mati, akan terjadi pembusukan yang menimbulkan bau.

Jadi, solusinya apabila kakak menemukan bangkai tikus segera disingkarkan saja ka.

Berikut tips apabila bau masih tertinggal pada lokasi ditemukannya bangkai:

  1. Siram lokasi bangkai dengan karbol wangi untuk menetralkan bau bangkai sekaligus membasmi belatung dan telur-telur lalat. Biarkan selama 10 menit.
  2. Gosok lantai dengan sikat lantai, lalu seka dengan lap. Langsung buang lap setelah dipakai agar virus atau bakteri dari bangkai tikus tidak tersebar didalam rumah.
  3. Ulang langkah 1 dan 2 jika masih mencium bau busuknya. Langsung buang sikat lantai dan sarung tangan karet, jangan pakai lagi agar tidak terkena penyakit dari bangkai tikus.
  4. Pel lantai dengan cairan pembersih lantai atau karbol yang dilarutkan dalam air.
  5. Jika bau masih tercium juga, buka jendela dan letakkan cawan berisi cuka putih atau beberapa bongkah arang di lokasi bangkai untuk menyerap bau yang tersisa.
  6. Jika lokasi bangkai di atas plafon, gunakan botol semprot untuk menyemprotkan karbol.

Lihat tabel di atas, untuk berat 1 kg ayam, butuh 200-2000gr kurato untuk membuat ayam mati keracunan, begitupun binatang yang lain.

Makin besar bobotnya maka semakin besar jumlah kurato untuk bisa membuatnya mati keracunan.

Jadi, bangkai tikus belum mampu membuat hewan lain dengan bobot lebih besar mati keracunan.

Selain itu, kurato dirancang agar binatang selain tikus tidak berselera memakan umpan ini. Karena formulanya hanya dirancang untuk disukai oleh tikus.

Kalaupun termakan oleh selain tikus, kurato mengandung Human Taste Deterrent (zat pemuntah).

Namun, apabila benar-benar tertelan, cukup diberikan penawar antidot vitamin K1 yang banyak dijual di apotik.

Biasanya kejadian ini disebabkan karena tikus terjebak di ruangan tertutup dan tidak menemukan jalan keluar untuk mencari sumber air.

Solusi untuk menemukan bangkai tikusnya yaitu dengan mendeteksi sumber bau dan mengecek sudut-sudut gelap di setiap rumah ka. Serta lihat adakah noda di ubin atau di dinding, karena saat tikus mati cairan akan keluar dari tubuh mereka lalu merembes dan noda bisa tertinggal.

Perlu diketahui juga ka, keberadaan bangkai ditandai adanya hewan-hewan seperti belatung, lalat, ataupun serangga semacamnya yang tertarik pada tubuh yang membusuk. Nah, kakak bisa coba telusuri adakah hewan-hewan tersebut yang berkumpul.

Tidak perlu, tetapi jika disekitar tempat pemasangan umpan tikus banyak sumber makanan lain sebaiknya ditambahkan dengan makanan lain seperti, teri, roti, keju dan lainnya supaya tikus lebih tergiur .

Saran dari kami gunakan bubuk kopi sebagai bahan penyerap bau yang ampuh ya ka.. Taburkan bubuk kopi di sekitar sumber bau itu berasal dan biarkan selama beberapa hari. Jika baunya sudah hilang, bubuk kopi harus dibersihkan.

Penyerap lain yang bisa  digunakan adalah bawang… Iris bawang menjadi beberapa irisan dan tempatkan di sekitar area bau. Biarkan irisan bawang bekerja semalaman.

Saat menggunakan bubuk kopi atau irisan bawang, kaka harus menjaga ventilasi di area itu tetap aktif selama beberapa hari setelahnya, lalu bisa beralih untuk memakai pengharum ruangan.

Cara-cara meminimalisir populasi tikus di rumah:

  1. Hilangkan limbah makanan dari dalam rumah, serta kosongkan tempat sampah secara rutin.
  2. Simpan persediaan bahan makanan menggunakan wadah kedap udara atau di lemari es.
  3. Hilangkan barang – barang besar yang tidak terpakai untuk menghindari menjadi sarang tempat bersembunyinya tikus.
  4. Lakukan pemeliharaan dengan cara menutup lubang atau celah retakan yang ada agar tidak digunakan tikus untuk masuk kedalam rumah, kantor, restoran, atau gudang anda, sehingga populasi tikus (terutama saat musim hujan) tidak bertambah.
  5. Pasang jerat kawat yang kuat pada celah-celah jendela yang biasa digunakan tikus sebagai titik masuk potensial.

Bisa jadi ka, kita gak bisa kontrol perilaku tikus sepenuhnya.

Tapi gak perlu takut ka, dalam 2-3 hari akan terjadi kondisi stop feeding akibat reaksi racun anticoagulant, sehingga tidak mungkin satu tikus mampu menghabiskan 1 pack kurato.

Benar ka, efek akhir dari kurato adalah tikus mati dalam keadaan pembuluh darah pecah sehingga akan ditemukan bercak darah di sekitar bangkai tikus.

  1. Kocok botol terlebih dahulu sebelum pemakaian
  2. Kemudian, semprotkan pada permukaan yang biasa dilewati kecoa
  3. Nantinya, kecoa akan mati setelah melewati permukaan yang telah disemprot,karena bahan aktif dalam pembasmi serangga kurato akan menembus kutikula kecoa dan membuat sempoyongan hingga mati.
  4. Jangan biarkan permukaan yang telah disemprot terbilas air, maka pembasmi serangga kurato dapat bertahan hingga 6 bulan
  5. Pembasmi serangga kurato juga ampuh digunakan untuk membasmi kutu kasur, lalat, dan nyamuk.
  1. Kocok botol terlebih dahulu sebelum pemakaian
  2. Kemudian, semprotkan pada permukaan yang biasa dilewati kecoa
  3. Nantinya, kecoa akan mati setelah melewati permukaan yang telah disemprot,karena bahan aktif dalam pembasmi serangga kurato akan menembus kutikula kecoa dan membuat sempoyongan hingga mati.
  4. Jangan biarkan permukaan yang telah disemprot terbilas air, maka pembasmi serangga kurato dapat bertahan hingga 6 bulan
  5. Pembasmi serangga kurato juga ampuh digunakan untuk membasmi kutu kasur, lalat, dan nyamuk.

Jika ada yang ingin ditanyakan kembali

Silahkan hubungi CS yang menangani pada saat pembelian